Ciamis Menjadi Tuan Rumah Babak Penyisihan KOAS NYANTRI dalam Rangkaian BUBOS 7 Tahun 2023 Jawa Barat

Kabupaten Ciamis,- Tahun ini Kabupaten Ciamis menjadi tuan rumah untuk babak penyisihan kegiatan KOAS (Kontes Anak Sholeh) NYANTRI (Nyakola Nata Karakter jeung Pangarti) antar Kabupaten Kota Se Jawa Barat.

Selain Ciamis, Kota Depok dan Kabupaten Bandung Barat juga menjadi tuan rumah babak penyisihan dan untuk putaran finalnya sendiri akan dilaksanakan di Kota Bandung.

KOAS dan NYANTRI merupakan salah satu rangkaian BUBOS (Buka Bersama On The Street) ke 7 tahun 2023 yang rutin dilaksanakan setiap tahun pada bulan Ramadhan.

Kegiatan tersebut dibuka secara resmi oleh Ketua TP PKK 1 Jawa Barat Lina Marlina Ruzhan dan dihadiri oleh Ketua TP PKK Ciamis Hj. Kania Ernawati Herdiat, bertempat di Gedung KH. Irfan Hielmy Islamic Center Ciamis, Senin (27/03/2023).

 

Dalam sambutannya, Ketua TP PKK Ciamis mengatakan merasa bangga atas ditunjuknya Kabupaten Ciamis sebagai penyelenggara BUBOS 7 tahun 2023 khususnya dalam penyelenggaraan KOAS dan NYANTRI.

“Merupakan suatu kehormatan bagi kami bahwa Kabupaten Ciamis ditunjuk sebagai penyelenggara salah satu rangkaian dari kegiatan BUBOS 7 yaitu KOAS dan NYANTRI,” ucapnya.

Ia berharap dengan kegiatan tersebut dapat menjadi sarana untuk mempererat tali silaturrahmi dan membawa kebaikan dan keberkahan serta menjadi wasilah kebaikan- kebaikan selanjutnya.

Diketahui kegiatan tersebut diikuti oleh para peserta dari 9 Kabupaten Kota di Jawa Barat yaitu Kota Banjar, Kota Tasikmalaya, Kabupaten dan Kota Cirebon, Kabupaten Kuningan, Kabupaten Indramayu, Kabupaten Pangandaran, Kabupaten Indramayu dan Kabupaten Ciamis

Dimana dalam KOAS tersebut para peserta akan mengikuti empat cabang lomba yaitu lomba Da’i Cilik (Pidato) , lomba Adzan, Hafidz Qur’an dan MMQ (Musabaqoh Murottal Qur’an).

“Saya menyambut baik lomba ini, salah satunya untuk memotivasi anak-anak kita agar semangat mempelajari ilmu agama dengan baik dan memperkuat mental mereka dalam menghadapi sebuah kompetisi,” Tutur Ketua PKK Ciamis.

Ia mengatakan bahwa anak adalah aset penting, generasi penerus bangsa pelanjut syi’ar Islam yang harus dibina dan dididik menjadi manusia tangguh dan mampu beradaptasi dengan perkembangan zaman.

“KOAS merupakan salah satu upaya untuk mewujudkan hal itu, semoga KOAS ini tidak hanya menjadi ajang kompetisi semata melainkan juga untuk memperkuat ukhuwwah Islamiyah serta berbagi ilmu dan pengalaman,” Pungkasnya.

Sementara itu, Ketua 1 TP PKK Jawa Barat Lina Marlina Ruzhan mengatakan bahwa BUBOS ini merupakan satu program kegiatan yang digagas oleh Ketua PKK Jawa Barat Hj. Atalia Praratya dan rutin dilaksanakan setiap tahunnya.

“BUBOS ini bertujuan untuk menebar kebaikan khususnya di bulan suci Ramadhan, selain itu juga untuk menjemput berkah dan pahalanya Allah SWT, ” ucapnya.

Disampaikannya, bahwa pemenang dari kegiatan ini selanjutnya akan mengikuti final di Gedung Sate dan disaksikan langsung oleh Gubernur Jawa Barat.

Share Berita