Dukung Kegiatan Agama Dibulan Suci Ramadhan 1444 H / 2023 M, Bupati Ciamis H. Herdiat Buka Kegiatan Pesantren Ramadhan, Ribuan Siswa di Ciamis Antusias

Kabupaten Ciamis,- Bupati Ciamis H. Herdiat Sunarya secara resmi membuka kegiatan Pesantren Ramadhan 1444 H / 2023 M yang bertempat di Gedung KH. Irfan Hielmy lingkungan Islamic Centre. Rabu, 29/03/23.

Peserta Pesantren Ramadhan tersebut diantaranya terdiri dari para pelajar mulai dari tingkatan SD/MI, SMP/MTs dan SMA/SMK/MA tingkat Kabupaten Ciamis Tahun 1444 H / 2023 M.

Kegiatan ini mengusung tema “Membentuk Kepribadian Pelajar Rahmatan Lilalamin yang Disiplin Ibadah, Kuat Aqidah, Akhlak Indah dan Amal yang Jariah”.

Dalam sambutannya, Bupati H. Herdiat mengatakan dirinya merasa bersyukur kegiatan Pesantren Ramadhan ini bisa terlaksana setelah 3 tahun tertunda.

 

“Alhamdulillah, Pesantren Ramadhan ini bisa terlaksana karena dukungan semua pihak yang diantaranya MUI Kabupaten Ciamis, KCD Pendidikan Wil 13, Kemenag Kabupaten Ciamis, Pimpinan Ponpes beserta kelembagaan agama lainnya dan Dinas terkait dalam terselenggaranya kegiatan ini”, Ungkapnya.

Lanjut bupati, kegiatan ini dilaksanakan semata sebagai wujud kepedulian dan perhatian pemerintah terhadap program keagamaan terutama bagi para peserta didik dari mulai SD sampai SMA dengan jumlah khusus untuk Pesantren Ramadhan yang dilaksanakan di Komplek Islamic Centre ini pesertanya dibatasi, Jelasnya.

Pesantren Ramadhan ini kata bupati bertujuan untuk memberikan ruang kepada peserta didik agar bisa menjalankan ibadah puasa dengan suasana yang tenang, menyenangkan dan bermanfaat melalui pesantren kilat, peserta didik dapat belajar menjalankan ibadah puasa dengan tepat, mendapatkan banyak ilmu agama dan karakter hingga menghindarkan dari hal-hal kurang bermanfaat, Paparnya.

“Saya berharap melalui kegiatan ini para peserta didik akan memupuk rasa cinta kepada Allah SWT dan Rasulullah sejak dini dengan memupuk rasa cinta terhadap sang pencipta, anak-anak senantiasa akan berbuat sesuai dengan ajaran agama dan menjauhi hal yang dilarang”, Harap bupati.

 

Ya, selain itu juga dengan kegiatan Pesantren Ramadhan ini tentu diharapkan akan adanya perbaikan akhlak dan disiplin yang akan berpengaruh terhadap kehidupan peserta didik, Tambahnya.

Diakhir sambutannya, dihadapan seluruh peserta yang hadir, bupati juga mengucapkan permohonan maaf, “di bulan yang suci dan berkah ini dengan berlimpah pahala yang didapatkan, secara pribadi dan atas nama pemerintah memohon maaf bila ada sikap dan kata yang tidak berkenan selama ini, semoga Allah SWT membimbing kita dalam menjalankan ibadah shaum di bulan Ramadhan ini”, Ucapnya.

Sementara, dalam laporan Ketua Panitia H. Wawan S. Arifin menerangkan kegiatan ini dilaksanakan mulai dari tanggal 29 maret sampai dengan tanggal 07 april 2023 yang bertempat di Gedung Islamic Centre, Katanya.

Dijelaskan H. Wawan, kegiatan ini bersamaan dengan kegiatan yang dilaksanakan di tingkat Kecamatan se-Kabupaten Ciamis.

Ia juga membeberkan, untuk materi pada kegiatan Pesantren Ramadhan ini antara lain akidah (tauhid), ibadah, fiqih praktis, akhlaq, teknik khutbah dan baca tulis Al-Qur’an.

Adapun yang menjadi narasumber terdiri dari Pengurus MUI Kabupaten Ciamis, Tokoh Ulama Kabupaten Ciamis, Tokoh Pendidik Kabupaten Ciamis dan para Akademis.

Sementara untuk jumlah peserta, H. Wawan memapatkan terdapat sebanyak 250 siswa yang terbagi dari 50 siswa/i dari tingkatan SD/MI, 50 siswa/i SMP/MTs dan 150 dari tingkat SMA/SMK dan Aliyah.

Ya, sedangkan untuk peserta didik yang hadir pada kegiatan pembukaan ini terdiri sebanyak 1.250 orang yang tergabung dari siswa siswi lainnya yang mendampingi atau mengantar para perwakilan peserta, Tandasnya.

Share Berita